Tips Berkendara Jarak Jauh

Periksa ban Anda.
Lakukan perawatan yang rutin antara lain : tekanan udara yang cukup dan ketebalan telapak ban. Periksa juga barang bawaan anda jangan sampai tertinggal di kereta...?

Kurangi kecepatan
Selalu perhatikan kecepatan Anda apalagi di daerah rawan kecelakaan. Sayangi nyawa Anda. Sayangi juga kekasih, teman dekat, dan keluarga Anda... ^_^

Tips mengemudi di malam hari .
Mengemudi di malam hari membutuhkan tingkat kewaspadaan yang tinggi karena berkurangnya jarak pandang. Hidupkan lampu depan dan lampu belakang sejak saat matahari terbenam sampai matahari terbit, dimkan lampu depan bila ada kendaraan lain dalam jarak 200 meter dari Anda, atau ketika Anda mengemudi di belakang kendaraan lain. Hindari berhenti pas sesudah mencapai puncak bukit ataupun di belokan. Perhatikan reflektor di sepanjang jalan dan rambu-rambu lain. Jangan terlalu sering memperhatikan paha SPG yang dibonceng motor di depan Anda.... gak sopan.

Perhatikan kondisi fisik Anda dan tingkatkan kewaspadaan di daerah perkotaan.
Kalau sudah merasa lelah, capek atau ngantuk, beristirahatlah sebentar. Jangan memaksakan diri. Di daerah pemukiman padat penduduk Anda harus lebih waspada terhadap lalu lalang kendaraan, penyeberang jalan, dan sebagainya. Kalo perlu kecepatan maksimal 120 km/hari... $%^$*&^(*&%

Perhatikan cuaca.
Jangan memaksa apabila cuaca tidak memungkinkan untuk melanjutkan perjalanan.

Yang terakhir.... pake kendaraan sendiri!
Kalo pake punya orang kan kasihan, pulang-pulang bannya gundul, mesinnya minta diservice, udah gitu bensine abis, cik nemene cak!

Semoga agak berguna. :)


Tidak ada komentar: