Tips Memasak

siapa bilang cowok bisa jatuh cinta karena masakan cewek?
jawabannya : gue. gue yang bilang, lu mau apa?
loh kok malah nantang berantem seh....

gue termasuk cowok yang suka makan,
bahkan kadang2 kalo dirumah gak ada yang masak,
gue masak sendiri lho, hebat kan?
masakannya pun sangat rumit membuatnya,
benar mi instan. yang paling susah nasi goreng.
nasi gorengku tuh paling enak menurutku. (kalo gak ada makanan laen)
aku udah coba pake cabe, merica, kemiri, ketumbar, kencur, dan macam2 bumbu dengan perbandingan berbeda tapi tetep aja kalah sama bikinan mami. hiks.
loh kok malah curhat sih...

ya udah langsung aja gue kasi tips2nya,
eits bentar dulu, ini bukan resep masakan lho.

tips: Menyimpan Tahu Segar (tahu segar adalah tahu yang masih segar... garing ah)
Tahu segar dapat tahan disimpan beberapa hari. Cuci tahu dengan air bersih, tiriskan lalu masukkan ke dalam kantong plastik dan simpan dalam lemari es... Atau rendam tahu dalam air matang lalu simpan dalam lemari es. Tahu tidak segar bisa digunakan untuk demonstrasi kenaikan bbm buat di lempar2.

tips: Menyimpan Roti Tawar (roti tawar menawar)
Untuk mendapatkan roti tawar yang selalu segar dan harum, caranya mudah. Masukkan roti tawar ke dalam kantong plastik, tutup rapat, simpan dalam freezer. Jika akan disantap, keluarkan dari freezer, diamkan beberapa saat hingga bersuhu ruangan. Bagi pelaku mutilasi, anda juga bisa mencoba tips ini terhadap korban anda...yieks.

tips: Menyimpan Makanan dalam Kulkas
Jika Anda akan menyimpan makanan matang dalam lemari es, jangan lupa tutup dengan selembar plastik, atau bungkus dengan 'plastic wrap' tipis/bening atau taruh dalam wadah tertutup. Karena jika terkena udara dingin cairan dalam makanan akan terdorong ke luar dan makanan menjadi kering. Jangan lupa keluarkan dulu gajahnya dari freezer... maksud lo?

tips: Menyimpan Kuning Telur
Saat membuat kue, kuning telur bersisa banyak? Masukkan dalam wadah, bubuhi sedikit gula pasir, aduk rata lalu simpan dalam freezer. Jika ingin memakainya, lumerkan dalam suhu ruangan. Hati2 waktu mengaduk, jangan sampe tertidur.(gak nyambung)

tips: Menyimpan Santan (Santan Presiden atau Santan Pacar neh?)
Ingin menyimpan santan? Rebus santan dengan sedikit garam lalu dinginkan. Taruh dalam kantong plastik dan simpan dalam freezer. Santan tahan disimpan hingga 1 bulan. Jika tidak diberi garam bisa tahan sekitar 2 hari. Kalo garam itu sendiri bisa tahan hingga satu tahun.
Hebat kan?

tips: Kaldu Udang
Mendapatkan kaldu udang yang gurih, sangrai atau panggang kulit, dan kepala udang hingga kering dan harum. Angkat lalu rebus dengan air secukupnya di atas api kecil hingga mendidih dan airnya berkurang setengahnya. Supaya hasilnya maksimal pakailah udang asli, karena udang bajakan kualitasnya kurang bagus dan kadang pecah2 gambarnya...?

tips: Telur Dadar
Agar telur dadar lebih lembut dan harum, tambahkan 1 sendok makan tepung terigu dan setengah sdt bawang putih parut ke dalam 2 butir telur kocok. Kocok hingga rata dan bubuhi bumbu lain sesuai selera. Kocok terus sampe keluar ya? hihihii...

tips: Menyajikan Minuman Dingin
Jika akan menyajikan minuman dingin, sebaiknya simpan gelas-gelas dalam freezer selama 1-2 jam hingga dingin dan berembun. Tuangkan minuman dingin, rasanya menjadi lebih segar dan awet dinginnya. Apalagi kalo minumnya di dalam freezer.

tips: Memperoleh Santan Yang Banyak
Untuk memperoleh santan yang banyak dan putih bersih, pilih kelapa sedang tuanya, kupas kulit arinya lalu parut. Peras kelapa parut dengan air hangat agar santan yang ke luar lebih banyak. Peras dengan lembut dan penuh perasaan.

tips: Sisa Roti Tawar
Ada sisa roti tawar? Aduk mentega dengan sedikit keju dan merica bubuk lalu oleskan pada permukaan roti. Potong-potong lalu panggang hingga kering. Jadilah camilan gurih atau teman makan sup yang enak. Lebih enak lagi kalo makannya bareng gue.

tips: Mencincang Bawang Putih
Saat mencincang bawang putih, bubuhi sedikit garam agar bawang putih bisa tercincang halus dan sarinya tetap awet. Selain Sari-nya awet muda, Siti-nya juga cakep.

tips: Menggoreng Singkong ( kecian tuh si engkong digoreng)
Singkong digoreng 1/2 matang, waktu lagi panas-panas baru diangkat dari penggorengan langsung di masukkan ke air garam (boleh tambah bawang putih) jadi langsung berasap dan airnya langsung nyerap. Biarkan beberapa saat sampai agak meresap baru digoreng lagi. Dijamin merekah-rekah dengan empuknya dan rasa bumbunya benar-benar terasa. Wis pokoke mak nyos pemirsa...

tips: Bebas Kutu
Agar kacang kedelai dan beras ketan bebas dari kutu saat disimpan lama, tambahkan 1 atau 2 buah cabai merah kering dalam wadah penyimpannya lalu tutup rapat. Atau digunduli aja biar gak ada kutunya.

tips: Saus Tomat Lebih Sedap
Ingin rasa saus tomat botolan yang lebih sedap? Tambahkan 1 sdt peterseli cincang halus atau seledri cincang halus untuk tiap 5 sdm saus tomat botolan... mampus luh, itung yang bener ada brp sendok tuh.

tips: Kemiri Gurih
Sebelum dihaluskan, sangrai atau bakar kemiri hingga agak kecokelatan. Kemiri menjadi lebih gurih dan harum aromanya. Diem aje napa? Jangan kesono kemiri.

tips: Membuat Kroket
Setelah kroket dilapisi tepung panir, simpan dalam lemari es selama 30 menit agar lapisan tepung panirnya melekat sempurna. Goreng dalam minyak banyak dan hasilnya kroket menjadi lebih mulus dan minyak bekas menggorengpun tidak kotor. (gue heran, masa kroket digoreng? pesawat ruang angkasa segede gitu, wajannya segede apa?)

tips: Gula Bubuk (gula tidur)
Dalam pembuatan kue, ayak gula bubuk sebanyak dua kali agar benar-benar terurai sehingga mudah larut saat dikocok. Karena gula bubuk yang dijual biasanya dicampur dengan tepung maizena dan bergumpal.


tips: Keripik Kentang Garing & Renyah
Saat membuat keripik kentang, rendam 1 kg irisan kentang dalam air bersih yang dibubuhi 2 sdm air kapur sirih. Biarkan beberapa saat, tiriskan lalu goreng dalam minyak banyak hingga kuning keemasan. Hasilnya keripik lebih garing dan renyah. Minyaknya ikut renyah gak ya?

tips: Ketan Legit
Untuk memperoleh ketan yang lembut dan legit, setelah dicuci, rendam beras ketan minimal 3 jam selama dalam air dingin. Tiriskan lalu buat aronan dan kukus hingga matang. Ketan adalah sejenis makhluk halus temennya iblis.

tips: Bawang Putih (jangan keliru sama yang di sinetron)
Sebelum mencincang bawang putih, memarkan dahulu bawang putih berikut kulitnya agar aroma yang terdapat di bagian tengah bawang putih ke luar lalu kupas dan cincang halus atau kasar sesuai kebutuhan resep Anda. Bayangkan kalo itu bawang putih yang di sinetron... sangar kan?

tips: Nasi Pulen & Lembut
Untuk memperoleh nasi yang lebih pulen dan lembut, tambahkan 2 sdm beras ketan putih pada tiap 1 kg beras. Campur dan cuci kedua jenis beras lalu olah seperti biasa. Kalo hasilnya tidak pulen berarti anda sedang tidak beruntung. Coba lagi.

tips: Mengolah Daging Ayam Ras
Aroma daging ayam ras/broiler biasanya sangat tajam dan khas. Untuk mengurangi aroma ini, lumuri tiap 1 kg potongan daging ayam ras dengan 1 sdt bawang putih parut dan 1 sdt jahe parut. Diamkan minimal selama 30 menit, tiriskan lalu olah sesuai resep Anda. Jika anda diamkan selama seminggu maka aromanya akan lebih tajam.

tips: Orak-arik Telur
Untuk mendapatkan orak-arik telur (scramble eggs) yang gurih dan lembut rasanya, tambahkan 2 sdm susu cair atau 1 sdm krim untuk tiap 4 butir telur. Gunakan mentega untuk menggoreng agar aroma dan rasanya lebih gurih. Jangan lupa pake wajan ya?

Tips: Mengolah Daging Kambing
Pilih daging kambing muda. Sebelum diolah, lumuri daging kambing dengan parutan nanas, diamkan 30 menit, lalu bilas kemudian diolah sesuai kebutuhan. Niscaya kambing itu akan hidup lagi. (dasar gila)

tips: Noda Makanan Hangus di Kompor
Tungku kompor gas Anda terkena noda makanan hangus? Taburi noda atau bagian yang berkerak dengan abu gosok. Gosok kuat-kuat dengan lap yang sudah dibasahi air hangat lalu lap kembali dengan lap bersih. Kalo males ya tinggal beli lagi yang baru.

tips: Bebas bau Durian
Ingin menyimpan durian dan bebas dari bau yang tajam? Bungkus daging buah durian berikut bijinya dengan kertas aluminium, masukkan ke dalam wadah, tutup rapat dan simpan dalam freezer. Saat akan dimakan, keluarkan dari freezer dan diamkan dalam suhu ruangan hingga lumer. Kalo gak ada kertas aluminium, pake kertas tissu toilet... buat abis beol kan?

nah buat cewek2 yang suka masak...
carilah cowok2 yang suka makan,
buat tester...hahahahaa...

dikutip dari sebuah sumber yang tidak bisa saya sebutkan karena alasan.....lupa.

Tidak ada komentar: