Tips Merakit PC Sendiri

Sesuai dengan judulnya, Tips Merakit PC Sendiri, PC yang dirakit disini adalah PC milik sendiri, bukan milik tetangga. PC milik sendiri berarti semua komponen kita beli sendiri, bukan ngambil punya tetangga. Cara membeli PC adalah dengan menyiapkan sejumlah uang, kemudian pergi ke toko komputer dan belilah komponen yang diperlukan, komponen yang tidak diperlukan tidak usah dibeli. Cara ngomong ke pelayan toko itu .......... Anj**g! tips apaan nih?

Sumimasen... (I'm sorry/Maaf/Nyuwun pangapunten)
Diz iz de rait tipz (baca : this is the right tips) :

Pilihlah motherboard (mobo) yang memiliki kapasitas memory yang besar, 2GB, 4GB atau lainya, dengan jumlah slot yang cukup memadai, hal ini perlu diperhatikan, karna untuk menyokong aplikasi aplikasi multicore, pasti membutuhkan banyak resource memory, sehingga ketersediaan slot untuk upgrade memory akan lebih baik untuk waktu ke depannya. Untuk tahun ini (Ags 2008) sebaiknya milih yang ada embel2nya memory up to 4 gb. Selain itu perhatikan juga besarnya FSB (Front Side Bus) maksimumnya, semakin tinggi maka ia akan semakin support untuk processor2 high-end (saat ini maksimum 1333). Kemudian perhatikan juga chipsetnya (ada intel, via, nvidia, ati, dan sebagainya termasuk tipe2nya, cari dan pelajari di forum2 seperti oprekpc, kaskus, dll) dan fitur2 tambahannya (jumlah port SATA, IDE, slot memori, slot PCIe, slot PCI, ada-tidaknya VGA onboard, jumlah port USB, dan sebagainya). Untuk mencari Mobo yang kualitasnya bagus, cari yang tidak ada onboard vganya, memang harganya lebih mahal, dan masih harus beli vga tambahan, tapi justru itulah, karena kinerja chipset akan menjadi maksimal jika tanpa vga share memory. merk2 yang beredar di indonesia a.l. intel desktop board, gigabyte, msi, biostar, ecs, enpc, albatron, pc chips, pc partner, foxconn, asus, asrock, dfi, jetway, j&w, dan sebagainya.

Pilihlah soket processor terkini, baik itu untuk AMD (AM2) atau Intel (775 ato dikenal dg istrilah LGA), karna inilah latest socket yang ada disaat ini (Ags 2008), dan setidaknya kita memiliki tenggang waktu untuk upgrade ke processor yang masih dalam generasinya. Untuk intel, ada pentium D (ada juga celeron D), dual core (ada juga Celeron dual-core), core 2 duo, dan quad core. (info lebih lanjut) sedangkan AM2 ada Athlon/Sempron Single core, AM2 X2, dan Phenom. (info lebih lanjut)

selanjutnya adalah memilih power supply. pilihlah power supply kelas menengah ke atas. kisaran harga power supply kelas menengah 400 atau 500 watt adalah 400 ribu hingga satu juta lebih. kamu mungkin mikir ngapain beli power supply mahal? wong pake yang murah2an aja bisa nyala? jika itu yang ada dalam benak kamu, maka berpikirlah logis. ibarat manusia, pc juga membutuhkan sumber makanan yang sehat. dan makanan pc adalah listrik dari power supply.
kalau output dari power supply jelek, maka hardisk akan cepat rusak. selain itu motherboard juga akan mensuplai daya ke processor, memori, vga card, dan ke port usb dengan tidak benar juga. hasilnya, tidak hanya hardisk dan motherboard saja yang terkena imbas, tapi semua peripheral akan terkena dampaknya. udah terbuka pikiran kamu betapa pentingnya perawan eh peranan power supply ? nah merk merk menengah ke atas yang dikenal di pasaran antara lain : tagan, thermaltake, silverstone, point of view, enlight, saga, aopen, dan masih banyak lagi. sedangkan merk kelas bawah yang sering dijumpai di pasaran antar lain simbadda, power up, mentari, power logic, okaya, sun, dan lebih banyak lagi. liat reviewnya di jonnyguru.com.

milih memori. waktu milih memori pastikan support dengan motherboard yang kamu beli.
misalnya tertulis ddr 667 berarti dia cuman support sampe pc 5300, jangan dikasih yang pc 6400 (ddr800). pastikan garansinya lifetime dan dari distributor resmi buat ntar kalo ada kerusakan nggak kerasukan. memori yang terkenal di pasaran antara lain visipro, kingston, corsair, vgen, apacer, dan lain-lain. kalo kamu termasuk overclocker, jangan asal milih memori. tanyakan ke forum2 atau liat review2 terlebih dulu.

pemilihan vga card. kalo kamu pake vga onboard, kamu perlu upgrade untuk bisa mainin game2 terbaru. kalo untuk ngetik aja sih cukup dan skip lanjut ke berikutnya.(ini pasti komputer kantor nih jadi OC = office computer). nah buat gamers kamu perlu milih vga yang sesuai debnhgan game yang kamu mainkan. vga sangat bervariasi, tapi ada 2 nama terkenal yaitu ATI dan nVidia. masing2 punya kelebihan dan kelemahan. lihat chart-nya di sini.

ini belum selesai... aku ngantuk, jadi tak tidur dulu ya ? huaaa....aahmmm...zzzzz....

(2 hours later...)

kemudian pemilihan hardisk dan optical devices. hari gini masih pake 80 GB ? udah gak jaman lagi (celakanya gue masi pake itu T_T). untuk keperluan data, game, dan multimedia paling tidak dibutuhkan 160 GB. idealnya sih 250 atau 320 GB. kalo 1 TB masi kurang worthy.
merk terkenal di indonesia antara lain maxtor, seagate, western digital, hitachi, fujitsu, samsung. untuk optical devices, pilih aja dvd-ram (bukan dvd-rom) jadi bisa baca dan burn cd dan dvd. merk yang beredar antara lain LG, samsung, lite-on, ben-q, aopen, sony, dll.

monitor itu penting. karena tanpa monitor percuma saja punya hardware sangar. mau diapain tu cpu ? pilihlah monitor jenis LCD karena selain hemat energi, lebih slim, display lebih sejuk, dan kalo bisa pilih yang wide screen untuk kenyamanan saat nonton dvd. kalo memang budget nggak cukup ya beli aja monitor crt biasa. merk yang lumayan bagus samsung, LG, Ben-Q, Phillips, Sony.

Casing. bagi gue, casing tidak wajib hukumnya. apalagi di ruangan ber-AC. tapi untuk menghindari lalat atau nyamuk nangkring (atau cicak berak), ya mending ditutup pake casing seadanya. tapi sebagian orang lebih memilih penampilan daripada performance, no comment.

Jangan lupa beli aksesoris seperti keyboard, mouse, speaker, printer, stavolt, ups, kabel2, terminal kuningan, dan lain2. Untuk kepentingan maintenance sediakan juga peralatan seperti obeng +, obeng -, tang ujung runcing, penjepit kecil, senter, kuas, dan cairan pembersih (degreaser).

tapi yang paling utama dan paling mendasar dari kesemuanya itu adalah sediakan uangnya dulu.
spec hardware sangat ditentukan oleh besarnya dana yang tersedia. untuk operating system bisa pake windows, linux, Mac OS, ato..... pake DOS aja. (buahahahaa....) bagi pengguna windows bajakan, hati-hati.... banyak temannya. (wehehehehee...)

Posting selanjutnya.... CARA MEMBOBOL ATM DENGAN AMAN



Tidak ada komentar: