Tips Merawat PC

PC atau personal computer sudah bukan merupakan barang mewah lagi. Hampir di seluruh pelosok tanah air sudah ada. Akan tetapi biasanya orang awam akan kebingungan apabila terjadi kerusakan pada PC-nya. Berikut beberapa tips cara merawat PC ala Copy Ninja (dibatasi pada Windows XP Operating System).
1. Install program yang perlu-perlu saja.
Hindari menginstall dua program yang sejenis dengan fungsi yang sama. Misal Photoshop, Corel, GIMP, dan sebagainya. Pilih saja salah satu yang paling lengkap fiturnya, atau paling enteng saat di load. Kalau memang tidak terlalu diperlukan tidak usah diinstall. Kebanyakan orang berpikir nanti kan bisa diuninstall. Memang, tapi tidak semuanya benar-benar hilang, beberapa program masih menyisakan file-file sistemnya, registry program yang tertinggal juga dapat memberatkan windows.
2. Lakukan defragment pada hardisk secara berkala.
Defragment hardisk menata file-file yang letaknya tidak beraturan atau terpecah-pecah sehingga lebih mudah diakses. Lakukan sebulan atau dua bulan sekali.
3. Matikan fitur-fitur yang tidak diperlukan.
Misalnya animasi pada tampilan desktop.
4. Back up data secara berkala untuk mengurangi resiko kehilangan data.
Sekarang ini virus-virus lokal berkembang dengan pesat. Banyak antivirus yang mengeluarkan penangkalnya setelah beberapa hari. Jadi sebelum data anda dirusak oleh virus, ada baiknya di simpan ke media optical.
5. Bersihkan PC secara berkala. (Secara fisik)
Pembersihan harus lebih sering dilakukan apabila PC sering berada diruangan tidak ber-AC. Meskipun ruangan ber-AC bukan berarti tidak usah dibersihkan. Tujuan membersihkan bukan hanya menghilangkan debu, tapi juga mengganti pasta processor yang sudah mulai mengering. Peralatan utama membersihkan PC antara lain obeng +, obeng -(sebaiknya gunakan obeng dengan ujung bermagnet), kuas, penjepit kecil (untuk mencabut jumper), senter, tang berujung runcing, dan cairan penyemprot degreasser (atau contact cleaner, bukan WD40).
6. Gunakan tools untuk optimasi windows yang sudah teruji.
Beberapa registry cleaner membuang key-key registry yang lama tidak dipakai, padahal suatu saat diperlukan oleh suatu program. Jadi pilihlah yang benar-benar teruji.

Silahkan tambahkan sendiri kalau ada yang masih kurang.

Tumben posting yang ini kok keliatan serius....
(gila, gue tahan2 biar gak ngeluarin kata2 gaul dan jokes, capek dah... fuuuh...)

Next posting will be : Tips Merakit Komputer Sendiri.
Dismiss!

Tidak ada komentar: